Skip to main content

Karakteristik Negara Maju dan Negara Berkembang

Karakteristik Negara Maju dan Negara Berkembang

Suatu Negara dapat dikatakan maju atau berkembang di dasarkan pada hasil pembangunnya, pembangunan ini dapat berupa pembangunan fisik ataupun pembangunan secara sosial. Indikator suatu Negara dapat dikatakan sebagai Negara maju ataupun berkembang berdasarkan :
1.      Struktur mata pencaharian dan angkatan kerja
2.      Pendapatan nasional perkapita
3.      Penggunaan logam yang telah diolah
4.      Produktivitas per tenaga kerja
5.      Fasilitas transportasi dan komunikasi per orang
6.      Penggunaan energy per orang

Karakteristik Negara Maju

1.      Struktur industry sudah kuat, karena di tunjang dengan tersediannya permodalan, tenaga ahli dan keterampilan, bahan baku dan pemasaran hasil produksinya sudah baik, baik di dalam negeri maupun luar negeri.
2.      Sifat industry teknologi yang digunakan termasuk teknologi tingkat tinggi (High technology) sebab permodalan relative besar dan hasil produksi besar, sedikit menggunakan tenaga kerja. Upah tenaga kerja sudah tinggi dan sumber tenaga dan infrastruktur tersedia serta pengorganisasian telah maju dan modern.
3.      Bidang Industri mampu menyerap tenaga kerja lebih banyak jika di bandingkan dengan pertanian dan jasa. Jadi, melalui bidang industry,Negara Negara maju mempunyai pendapatan perkapita yang tinggi. Sehingga kualitas tenaga kerja makin meningkat dan meghasilkan barang yang berkualitas tinggi dan menambah majunya pemasaran hasil produksi.
4.      Dengan berkualitasnya tenaga kerja dan didukung oleh perumbuhan penduduk yang sangat kecil, kesejahteraan masyarakat Negara maju lebih baik jika dibandingkan dengan Negara berkembang.
5.      Untuk mengetahui perbedaan indikator Antara Negara berkembang dengan Negara maju, perhatikan berikut ini:
Negara Maju
Negara Berkembang
1.  Pertumbuhan penduduk rendah
2.  Sebagian besar penduduk tinggal di perkotaan
3.  Mata pencaharian penduduk di sektor industri dan jasa
4.  Pendapatan perkapita penduduk tinggi
5.  Tingkat penguasaan IPTEK tinggi
Dan pendikan
1.      Pertumbuhan penduduk tinggi
2.      Sebagian besar penduduknya tinggal di pedesaan
3.      Mata pencaharian agraris
4.      Pendapatan perkapita penduduk rendah

5.      Pengguasan IPTEK dan tingkat pendidikan rendah


Contoh Negara maju dalam G8 :

a.       Amerika
b.      Jerman
c.       Inggris
d.      Italia
e.       Prancis
f.       Kanada
g.      Rusia
h.      Jepang

Contoh Negara Berkembang

a.       Indonesia
b.      India
c.       Panama
d.      Kuba
e.       Brazil
f.       Mongolia

Menurut World Bank, Negara maju dan Negara berkembang dibedakan menjadi 2, yaitu :

1.      Kelompok Negara berkembang/Negara dunia ketiga
a.       Negara yang berpendapatan sangat rendah, apabila pendapatan perkapitanya kurang dari U$785
b.      Negara yang berpendapatan menengah, apabila pendapatan perkapitanya antara US$786-US$3.125
c.       Negara yang berpendapatan menengah tinggi, apabila pendapatan perkapitanya antara US$3.126-US$9.665.
2.      Kelompok Negara maju /Negara dunia pertama
Kelompok Negara ini memiliki pendapatan perkapita melebihi US$9.656 (Negara Makmur)



Comments

Popular posts from this blog

Islam Sebagai Studi Sosial dan Budaya

BAB I PENDAHULUAN 1.1 LATAR BELAKANG MASALAH Studi Islam adalah sistem fenomena keagamaan Islam. Sistem keagamaan artinya mengkaji konsep-konsep keagamaan baik sebagai nilai maupun doktrin agama Islam. Fenomena keagamaan itu sendiri adalah perwujudan sikap dan perilaku manusia yang berhubungan dengan nilai. Berarti studi Islam merupakan suatu usaha pengkajian terhadap aspek-aspek keagamaan Islam maupun aspek sosiologis yang menyangkut fakta-fakta empiris dalam kehidupan manusia yang timbul akibat dialog antara nilai agama keagamaan dengan realitas kehidupan manusia. Islam dapat dikaji, dimana Islam sebagai produk budaya dan bahakan Islam juga merupakan produk interaksi sosial. 1.2 RUMUSAN MASALAH 1 . Bagaimana Islam sebagai studi sosial? 2. Bagaimana Islam sebagai studi budaya? 1.3 TUJUAN 1. Untuk mengetahui islam sebagai studi sosial 3. Untuk mengetahui islam sebagai studi budaya BAB II PEMBAHASAN 2. 1 Islam sebagai Studi Sosial Islam seb

Periodesasi Sejarah Islam (Masa Pertengahan dan Modern)

BAB I PENDAHULUAN A.      Latar Belakang Masalah Sejarah berjalan dari masa lalu, ke masa kini, dan melanjutkan perjalanannya ke masa depan. Dalam perjalanan suatu unit sejarah selalu mengalami pasang naik dan pasang surut dalam interval yang berbeda-beda. Disamping itu, mempelajari sejarah yang sudah berjalan cukup panjang akan mengalami kesulitan-kesulitan jika tidak di bagi dalam beberapa babakan dimana setiap babakan merupakan suatu komponen yang mempunyai ciri-ciri khusus dan merupakan suatu kebulatan untuk satu jangka waktu. Rangkaian dari babakan sejarah yang termuat dalam satu kerangka inilah yang dinamakan periodisasi sejarah.[1] Apa yang dijadikan sebagai ciri-ciri khusus untuk menetapkan satu babakan sejarah, para ahli sejarah membagi dalam beberapa aliran sebagai berikut : 1.        Aliran yang menganggap ciri kuhusus itu ialah pada bentuk negara atau sistem politik yang dianut oleh pemerintahan negara. 2.        Aliran yang menganggap bahwa tingkat

Ciri-ciri Makhluk Hidup dan Kebutuhannya

Ciri ciri makhluk hidup dan kebutuhannya A. Ciri ciri makhluk hidup dan kebutuhannya Perhatikan makhluk hidup yang ada di sekitar kita, misalnya ayam mengais-ngais di tanah, itik berenang di sungai, tikus mengais-ngais di di sampah dan sebagainya. Kegiatan yang dilakukan hewan-hewan itu untuk mencari makanan. Selain makanan, hewan juga memerlukan air.             Tumbuhan juga memerlukan makanan dan air. Jika tumbuhan tidak mendapatkan makanan dan air, akhirnya akan layu dan mati. Bagi makhluk hidup, makanan berguna untuk: 1. Mendapatkan energy 2. Mengganti sel-sel yang telah rusak (mati) 3. pertumbuhan dan 4. mengatur semua proses dalam tubuh Sumber makanan makhluk hidup : 1. Makanan manusia berasal dari tumbuhan dan hewan yang telah dimasak 2. Sumber makanan hewan berasal dari tumbuhan dan hewan 3. Tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri Ø   Ciri- ciri makhluk hidup sebagai berikut : 1. Memerlukan makan dan minum           Makhluk hidup membutuhk