Skip to main content

makalah optimalisasi taman

OPTIMALISASI TAMAN MAN BANGIL
Di ajukan untuk memenuhi tugas kelompok ekstrakurikuler KIR


Guru Pembimbing : Bukhori  Mustofa S.Pd
NAMA ANGGOTA KELOMPOK :
1.            DIAN WIJAYANTI
2.            NUR AINI
3.            USMAN HADI SAPUTRA








MADRASAH ALIYAH NEGERI BANGIL
Jln Balai Desa Nglanggang No3a Beji pasuruan


KATA PENGANTAR

        Puji syukur kami panjatkan atas ke hadirat ALLAH SWT, yang telah senantiasa melimpahkan Rahmat dan Hidayah-nya sehingga kita semua dalam keadaan sehat walafiat dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Kami juga panjatkan kehadirat ALLAH SWT, karena dengan kerido’an-Nya makalah yang berjudul “Laporan Hasil Observasi optimalisasi taman MAN BANGIL dapat terselesaikan.
       Kami membuat makalah ini untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru pembimbing ekstrakulikuler KIR yaitu Bapak Bukhori Mustofa S.Pd.
       Penyelesaian makalah ini, kami banyak mengalami kesulitan, terutama disebabkan oleh data penulisan kalimat-Nya. Namun, berkat kerjasama yang solid dan kesungguhan dalam menyelesaikan makalah ini, akhirnya dapat diselesaikan dengan baik.
       Kami menyadari, sebagai seorang pelajar yang pengetahuannya tidak seberapa yang masih perlu belajar dalam penulisan makalah, bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang positif demi terciptanya makalah yang lebih baik lagi, serta berdayaguna di masa yang akan datang.
       Besar harapan, mudah-mudahan makalah yang sangat sederhana ini dapat bermanfaat dan maslahat bagi semua orang.  
















OPTIMALISASI TAMAN MAN BANGIL
BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar belakang
         
           Sarana dan prasarana merupakan unsur terpenting dalam terwujudnnya sebuah sekolah,kehadirannya bukan hanya membantu berdirinnya sebuah sekolah,namun memberikan kenyamanan dalam kegiatan belajar mengajar,maupun sebagai identitas sekolah .semakin mewadahi sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah ,memungkinkan masyarakat luar semakin tertarik dengan sekolah tersebut. alhasi,banyak peminat dengan latar belakang dan asumsi yang sama berkenaan dengan alas an mereka belajar di sekolah tersebut.
       
          Berbicara mengenai sarana dan prasarana di sekolah,MAN BANGIL baru saja me-realist sebuah sarana infrastruktur baru yang mendapat respon baik dari beberapa kalangan ,baik siswa –siswi MAN BANGIL,Dewan Guru,maupun karyawan yang lain mereka senang dengan adannya pembangunan taman baru. Desain yang di buat sengaja menyerupai wujud aslinnya dengan tidak meninggalkan kesan alami,menambah daya Tarik tersendiri bagi siapapun yang melintasi taman.di tambah lagi dengan jaringan wi-fi yang tersedia,membuat siswa-siswi MAN BANGIL enggan berbincang bincang. Ada juga yang memanfaatkannya sebagai tempat belajar bersama-sama siwa-siswi yang menuggu jemputan tidak lagi kepanasan dan letih karena harus berdiri di depan sekolah untuk menunggu jemputan, mereka sudah bisa menuggu di taman dengan suasana yang lebih nyaman,dan teduh,dan yang pasti keberadaan taman yang strategis ,yaitu berada persis di depan jalan raya membuat jalan raya membuat siswa-siswi MAN BANGILlebih mudah mengetahui jika sudah di jemput.

           Pemandangan lain terlihat di area taman MAN BANGIL,taman yang dulunnya ramai oleh siswa-siswi MAN BANGIL yang sengaja meluangkan waktu ,kini hanya menyisahkan beberapa orang saja yang masih mempunyai inisiatif untuk mengunjungi ,taman yang di hadarapkan bisa membantu memberi semagat kepada siswa-siswi,manakala setelah belajar harus terbengkalai karena tangan-tangan jail yang sengaja maupun sayangkan,jika taman yang di bangun begitu bagus,kini hanya menyisahkan sebuah taman yang mengerikan. Tanah dan debu berlalu lalang dengan begitu bebasnya,membuat orang enggan mengunjungi.di tambah lagi keberadaan daun daun kering yang bertebaran di sepanjang area taman ,begitu juga dengan tumbuhan yang tumbuh liar dan tak terawat.menjadikan taman semakin tak bernyawa.

          Melihat adannya kesalahan menggunakan taman oleh siswa-siswi MAN BANGIL hendaknnya mampu menyadarkan kita akan pentingnnya menjaga kelestarian lingkungan di sekitar kita.kenyamanan lingkungan juga turut membantu kelancaran aktivtas sehari-hari,terutama kenyamanan lingkungan di sekitar area sekolah. Lingkungan yang asri ,nyaman dan bersih,hendaknya memberikan kesan tersendiri bagi siswa-siswi yang akan belajar.dengan terbentuknnya lingkungan yang lestari di harapkan mampu memberi semangat belajar bagi pelajar.

1.2  RUMUSAN MASALAH

1.apa saja faktor factor yang mempengaruhi terjadinya keruskan yang terjadi di taman MAN BANGIL?
2.apa saja faktor faktor yang mempengaruhi peminat taman MAN BANGIL berkurang?
3.bagaimana cara mengoptimalkan taman MAN BANGIL?

1.3  TUJUAN PENULISAN
1.untuk mengetahui faktor faktor apa saja mempengaruhi terjadinya kerusakan yang terjadi di taman MAN BANGIL?
2.untuk mengetahui faktor faktor apa saja yang memengaruhi peminat taman MAN BANGIL berkurang?
3. untuk mengetahui cara mengoptimalkan taman MAN BANGIL?

Daftar wawancara
1.siapa nama anda?
2.Apa yang menyebabkan anda datang kesini?
3.hal apa yang anda senagi terhadap Taman MAN BANGIL?
4.hal hal apa yang anda keluhkan terhadap Taman MAN BANGIL?
5.bagaimana pendapat anda terhadap Taman MAN BANGIL?

1.Alvi
2.karena sangat nyaman untuk duduk,wi – fi an,enak untuk berdiskusidengan teman,tempatnya tersembunyi,sesuia untuk selfie,tempatnya sejuk
3.ada air terjunya dan bagus
4. tempatnya kurang bersih,terdapat bau tidak sedap dari kolam,wi –finya putus       putus,kurangya tempat sampah
5.Tamannya diperbaiki dan dikelola baik lagi

1.siapa nama anda?
2.Apa yang menyebabkan anda datang kesini?
3.hal apa yang anda senagi terhadap Taman MAN BANGIL?
4.hal hal apa yang anda keluhkan terhadap Taman MAN BANGIL?
5.bagaimana pendapat anda terhadap Taman MAN BANGIL?




1.Herni
2.menuggu ojekkan,tempatnya nyaman,ada wi – fi,ada tempat stopkontak,tempatnya strategis ( Di jemput kelihatan )
3.tempatnya bagus
4.banyaknya sampah,tanaman banyak yang layu dan rusak,bangkunya berdebu,wi –fi nya bermasalah,listrik untuk taman tidak di aktifkan
5.di perbaiki sarana dan prasarana di tambahi bangku dan setiap meja di sediakan stopkontak.

1.siapa nama anda?
2.Apa yang menyebabkan anda datang kesini?
3.hal apa yang anda senagi terhadap Taman MAN BANGIL?
4.hal hal apa yang anda keluhkan terhadap Taman MAN BANGIL?
5.bagaimana pendapat anda terhadap Taman MAN BANGIL?

      1.Iza
      2.mencari suasana baru,mengerjakan tugas kelompok,wi – fi,dan menunggu jemputan
      3.
      4.jaringan wi – finya lama,kebersihanya kurang,airnya kumuh,banyaknya tumbuhan                 yang terinjak injak air terjun tidak aktif,suasana kurang sejuk   
      5.
















BAB II
PEMBAHASAN
2.1 faktor – faktor yang mempengaruhi adanya kerusakan yang terjadi di taman MAN      BANGIL
               Siapa yang tidak tertarik dengan kondisi lingkungan yang asri ,bersih,nyaman,dan di tambah lagi dengan balutan demokrasi kesan alami.ada saja keinginan yang akan di lakukan oleh siapa saja yang melihat pemandangan tersebut,mulai dari keinginan untuk mengabadikan gambar via  camera ,ataupun untuk melihat pemandangan nanelok itu namun,dari tidak semua pengunjungyang datang memperhatikan betul kondisi yang ada di lingkungannya.tak hanya dari mereka salah satu pelaku dari kerusakan lingkungan tersebut adalah kehadiran manusia yang sama sekali tidak mencintai alam.
               Pemandangan tak lazim itu juga tampak di taman MAN BANGIL.taman yang di bangun dengan tujuan membuat memberi kenyamanan untuk kelangsungan proses KBM telah di salah gunakan oleh warga sekolah.baik dari tukang kebun selaku pembersih dan perawat taman,maupun siswa – siswi yang biasannya menggunakan sarana tersebut.
               Penyumbang kerusakan taman MAN BANGIL terbesar berasal dari siswa – siswi,kehadiran mereka di taman bukan hanya sekedar berbincang menghubungkan wi-fi atau bahkan belajar bersama.ada kalannya mereka memanfaatkan pemandangan di taman sebagai media untuk berselfi ria,tanpa di sadari,aksi spontanitas yang telah mereka lakukan telah merusak sebagian kecil saranayang ada di taman.terkadang kerumunan seperti itu terjadi tanpa memperhatikan apakah mereka berada pada                                                                     yang aman atau bahkan membahayakan berada pada posisi yang mengancam keberadaan taman.
                Keberadaan tempat sampah yang sulit terjangkau di beberapa titik taman membuat sebagian pengunjung taman mengharuskan membuang sampah ke sembarang tempat. Alhasil  taman yang seharusnya nyaman digunakan bagi pengunjung menjadi kotor karena sampah bertebaran di semua tempat. Sampah – sampah yang berasal dari dedaunan kering menambah volume sampah di taman,tentunya sampah – sampah itu memberi pemandangan buruk bagi siapa saja yang melintasi taman .    
2.2  Faktor faktor yang mempengaruhi peminat taman MAN BANGIL berkurang
Kenyamanan sangat di butuhkan untuk mengkondisikan agar pembangunan infrastruktur memenuhi standart layak pakai dan tidak mengancam bagi siapapun yang menggunakan atau memanfaatkannya. Dalam hal ini, kenyamanan tetap di utamakan demi terwujudnya sarana infrastruktur yang aman sesuai dengan rencana yang telah di rencanakan tanpa harus merugikan siapapun, baik pengguna maupun  lembaga yang membangun infrastruktur.
Nampaknya kenyamanan yang menjadi indikator kebrhasilan pembangunan sarana infrastruktur tidak nampak pada pembangunan  taman MAN BANGIL. Pasalnya, kenyamanan dapat di rasakan hanya dalam kurun waktu yang sangat singkat. Adanya keslahan – kesalahan yang tidak nampak dari pengunjung sangat mempengaruhi berkurangnya kenyamanan yang ada di taman MAN BANGIL. Hal tersebut tentunya sangat merugikan bagi pihak sekolah selaku pembangun taman dan siswa – sisiwi selaku penggunan taman. Adakalanya kesalahan – kesalahan pemanfaatan taman Di sebabkan oleh siswa – siswi dan kurangnya perawatan dari tukang kebun.
Kurangnya kenyamanan merupakan faktor yang paling mempengaruhi minimnya pengunjung taman MAN BANGIL. Hal lain yang dapat mempengaruhi adalah keadaan taman yang dinilai kurang efektif, seperti tempat yang kotor, terbengkalai (porak poranda), dan tidak berfungsinya beberapa sarana yang mendukung berdirinya taman MANBA.
2.3 Cara mengoptimalkan taman MAN BANGIL
1.      Meningkatkan pengolahan dan perawatan taman
2.      Memaksimalkan taman sebagai tempat belajar
3.      Meningkatakan sarana pendukung taman ( wi-fi,tempat sampah,stopkontak)


Kesimpulan : bahwa Taman MAN BANGIL adalah suatu tempat yang di senangi oleh siswa- siswi sekolah tersebut sebagai tempat untuk meluangkan istirahatnya dan maupun tempat untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar di tempat semakin bertambahnya hari taman tersebut pengunjungnya cenderung menurun di karenakan ada beberapa faktor : kurangnya perawatan  terhadap taman,kurangnya kesadaran pengunjung taman yang tidak mementingkan kebersihan,jaringan wi – fi yang putus putus sehingga pengunjung Taman mengalami penurunan.



              

Comments

Popular posts from this blog

Periodesasi Sejarah Islam (Masa Pertengahan dan Modern)

BAB I PENDAHULUAN A.      Latar Belakang Masalah Sejarah berjalan dari masa lalu, ke masa kini, dan melanjutkan perjalanannya ke masa depan. Dalam perjalanan suatu unit sejarah selalu mengalami pasang naik dan pasang surut dalam interval yang berbeda-beda. Disamping itu, mempelajari sejarah yang sudah berjalan cukup panjang akan mengalami kesulitan-kesulitan jika tidak di bagi dalam beberapa babakan dimana setiap babakan merupakan suatu komponen yang mempunyai ciri-ciri khusus dan merupakan suatu kebulatan untuk satu jangka waktu. Rangkaian dari babakan sejarah yang termuat dalam satu kerangka inilah yang dinamakan periodisasi sejarah.[1] Apa yang dijadikan sebagai ciri-ciri khusus untuk menetapkan satu babakan sejarah, para ahli sejarah membagi dalam beberapa aliran sebagai berikut : 1.        Aliran yang menganggap ciri kuhusus itu ialah pada bentuk negara atau sistem politik yang dianut oleh pemerintaha...

keadilan Semu

Penegakan Hukum yang tidak Pandang Bulu dan Rasa Kemanusiaan Penegakkan hukum di negara Indonesia, sudah tidak memandang bulu, tidak melihat lapisan masyarakat bawah. Semua warga negara baik kalangan pejabat sampai kalangan yang melarat pun juga di proses hukum, karena mereka sudah terikat dengan hukum maka dalam kehidupan bernegara dan berbangsa di perlukan sikap kehati-hatian. Jika di dalamnya tidak ada kewaspadaan akan berakibat fatal dan membahayakan.           Ironisnya lagi apabila yang melanggar hukum adalah seorang kaum golongan bawah dan hanya kasus yang sepele, banyak pelanggaran hukum seperti ini di mana mana terjadi mulai dari 1. Pencurian Sendal (sepasang sandal) 2. Pencurian Kayu (hanya 2 ranting Pohon) 3. Pencurian Durian (1 buah durian)   Masalah seperti ini di permasalahkan, memang mereka melanggar hukum akan tetapi yang melakukan pelanggaran hukum tersebut juga seorang lansia, bahkan yang menge...

Islam Sebagai Studi Sosial dan Budaya

BAB I PENDAHULUAN 1.1 LATAR BELAKANG MASALAH Studi Islam adalah sistem fenomena keagamaan Islam. Sistem keagamaan artinya mengkaji konsep-konsep keagamaan baik sebagai nilai maupun doktrin agama Islam. Fenomena keagamaan itu sendiri adalah perwujudan sikap dan perilaku manusia yang berhubungan dengan nilai. Berarti studi Islam merupakan suatu usaha pengkajian terhadap aspek-aspek keagamaan Islam maupun aspek sosiologis yang menyangkut fakta-fakta empiris dalam kehidupan manusia yang timbul akibat dialog antara nilai agama keagamaan dengan realitas kehidupan manusia. Islam dapat dikaji, dimana Islam sebagai produk budaya dan bahakan Islam juga merupakan produk interaksi sosial. 1.2 RUMUSAN MASALAH 1 . Bagaimana Islam sebagai studi sosial? 2. Bagaimana Islam sebagai studi budaya? 1.3 TUJUAN 1. Untuk mengetahui islam sebagai studi sosial 3. Untuk mengetahui islam sebagai studi budaya BAB II PEMBAHASAN 2. 1 Islam sebagai Studi Sosial Islam seb...