OPTIMALISASI TAMAN MAN
BANGIL
Di ajukan untuk
memenuhi tugas kelompok ekstrakurikuler KIR

Guru Pembimbing : Bukhori Mustofa S.Pd
NAMA
ANGGOTA KELOMPOK :
1.
DIAN WIJAYANTI
2.
NUR AINI
3.
USMAN HADI
SAPUTRA
MADRASAH ALIYAH NEGERI
BANGIL
Jln Balai Desa Nglanggang
No3a Beji pasuruan
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan atas ke hadirat ALLAH SWT, yang telah senantiasa
melimpahkan Rahmat dan Hidayah-nya sehingga kita semua dalam keadaan sehat
walafiat dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Kami juga panjatkan kehadirat
ALLAH SWT, karena dengan kerido’an-Nya makalah yang berjudul “Laporan Hasil
Observasi optimalisasi taman MAN BANGIL dapat terselesaikan.
Kami membuat makalah ini untuk
menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru pembimbing ekstrakulikuler KIR
yaitu Bapak Bukhori Mustofa S.Pd.
Penyelesaian makalah ini, kami banyak
mengalami kesulitan, terutama disebabkan oleh data penulisan kalimat-Nya.
Namun, berkat kerjasama yang solid dan kesungguhan dalam menyelesaikan makalah
ini, akhirnya dapat diselesaikan dengan baik.
Kami menyadari, sebagai seorang pelajar
yang pengetahuannya tidak seberapa yang masih perlu belajar dalam penulisan
makalah, bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kami
sangat mengharapkan kritik dan saran yang positif demi terciptanya makalah yang
lebih baik lagi, serta berdayaguna di masa yang akan datang.
Besar harapan, mudah-mudahan makalah
yang sangat sederhana ini dapat bermanfaat dan maslahat bagi semua orang.
OPTIMALISASI
TAMAN MAN BANGIL
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Sarana dan prasarana merupakan unsur
terpenting dalam terwujudnnya sebuah sekolah,kehadirannya bukan hanya membantu
berdirinnya sebuah sekolah,namun memberikan kenyamanan dalam kegiatan belajar
mengajar,maupun sebagai identitas sekolah .semakin mewadahi sarana dan
prasarana yang dimiliki sekolah ,memungkinkan masyarakat luar semakin tertarik
dengan sekolah tersebut. alhasi,banyak peminat dengan latar belakang dan asumsi
yang sama berkenaan dengan alas an mereka belajar di sekolah tersebut.
Berbicara mengenai sarana dan prasarana
di sekolah,MAN BANGIL baru saja me-realist sebuah sarana infrastruktur baru
yang mendapat respon baik dari beberapa kalangan ,baik siswa –siswi MAN
BANGIL,Dewan Guru,maupun karyawan yang lain mereka senang dengan adannya
pembangunan taman baru. Desain yang di buat sengaja menyerupai wujud aslinnya
dengan tidak meninggalkan kesan alami,menambah daya Tarik tersendiri bagi
siapapun yang melintasi taman.di tambah lagi dengan jaringan wi-fi yang
tersedia,membuat siswa-siswi MAN BANGIL enggan berbincang bincang. Ada juga
yang memanfaatkannya sebagai tempat belajar bersama-sama siwa-siswi yang
menuggu jemputan tidak lagi kepanasan dan letih karena harus berdiri di depan
sekolah untuk menunggu jemputan, mereka sudah bisa menuggu di taman dengan
suasana yang lebih nyaman,dan teduh,dan yang pasti keberadaan taman yang
strategis ,yaitu berada persis di depan jalan raya membuat jalan raya membuat
siswa-siswi MAN BANGILlebih mudah mengetahui jika sudah di jemput.
Pemandangan lain terlihat di area taman MAN
BANGIL,taman yang dulunnya ramai oleh siswa-siswi MAN BANGIL yang sengaja
meluangkan waktu ,kini hanya menyisahkan beberapa orang saja yang masih
mempunyai inisiatif untuk mengunjungi ,taman yang di hadarapkan bisa membantu
memberi semagat kepada siswa-siswi,manakala setelah belajar harus terbengkalai
karena tangan-tangan jail yang sengaja maupun sayangkan,jika taman yang di
bangun begitu bagus,kini hanya menyisahkan sebuah taman yang mengerikan. Tanah
dan debu berlalu lalang dengan begitu bebasnya,membuat orang enggan
mengunjungi.di tambah lagi keberadaan daun daun kering yang bertebaran di
sepanjang area taman ,begitu juga dengan tumbuhan yang tumbuh liar dan tak
terawat.menjadikan taman semakin tak bernyawa.
Melihat adannya kesalahan menggunakan taman oleh siswa-siswi MAN BANGIL
hendaknnya mampu menyadarkan kita akan pentingnnya menjaga kelestarian
lingkungan di sekitar kita.kenyamanan lingkungan juga turut membantu kelancaran
aktivtas sehari-hari,terutama kenyamanan lingkungan di sekitar area sekolah.
Lingkungan yang asri ,nyaman dan bersih,hendaknya memberikan kesan tersendiri
bagi siswa-siswi yang akan belajar.dengan terbentuknnya lingkungan yang lestari
di harapkan mampu memberi semangat belajar bagi pelajar.
1.2 RUMUSAN MASALAH
1.apa
saja faktor factor yang mempengaruhi terjadinya keruskan yang terjadi di taman
MAN BANGIL?
2.apa
saja faktor faktor yang mempengaruhi peminat taman MAN BANGIL berkurang?
3.bagaimana
cara mengoptimalkan taman MAN BANGIL?
1.3 TUJUAN PENULISAN
1.untuk mengetahui
faktor faktor apa saja mempengaruhi terjadinya kerusakan yang terjadi di taman
MAN BANGIL?
2.untuk mengetahui
faktor faktor apa saja yang memengaruhi peminat taman MAN BANGIL berkurang?
3. untuk mengetahui
cara mengoptimalkan taman MAN BANGIL?
Daftar
wawancara
1.siapa
nama anda?
2.Apa
yang menyebabkan anda datang kesini?
3.hal
apa yang anda senagi terhadap Taman MAN BANGIL?
4.hal
hal apa yang anda keluhkan terhadap Taman MAN BANGIL?
5.bagaimana
pendapat anda terhadap Taman MAN BANGIL?
1.Alvi
2.karena
sangat nyaman untuk duduk,wi – fi an,enak untuk berdiskusidengan
teman,tempatnya tersembunyi,sesuia untuk selfie,tempatnya sejuk
3.ada
air terjunya dan bagus
4.
tempatnya kurang bersih,terdapat bau tidak sedap dari kolam,wi –finya
putus putus,kurangya tempat sampah
5.Tamannya
diperbaiki dan dikelola baik lagi
1.siapa
nama anda?
2.Apa
yang menyebabkan anda datang kesini?
3.hal
apa yang anda senagi terhadap Taman MAN BANGIL?
4.hal
hal apa yang anda keluhkan terhadap Taman MAN BANGIL?
5.bagaimana
pendapat anda terhadap Taman MAN BANGIL?
1.Herni
2.menuggu
ojekkan,tempatnya nyaman,ada wi – fi,ada tempat stopkontak,tempatnya strategis
( Di jemput kelihatan )
3.tempatnya
bagus
4.banyaknya
sampah,tanaman banyak yang layu dan rusak,bangkunya berdebu,wi –fi nya
bermasalah,listrik untuk taman tidak di aktifkan
5.di
perbaiki sarana dan prasarana di tambahi bangku dan setiap meja di sediakan
stopkontak.
1.siapa
nama anda?
2.Apa
yang menyebabkan anda datang kesini?
3.hal
apa yang anda senagi terhadap Taman MAN BANGIL?
4.hal
hal apa yang anda keluhkan terhadap Taman MAN BANGIL?
5.bagaimana
pendapat anda terhadap Taman MAN BANGIL?
1.Iza
2.mencari suasana baru,mengerjakan tugas
kelompok,wi – fi,dan menunggu jemputan
3.
4.jaringan wi – finya lama,kebersihanya kurang,airnya kumuh,banyaknya
tumbuhan yang terinjak injak air terjun tidak
aktif,suasana kurang sejuk
5.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1
faktor – faktor yang mempengaruhi adanya kerusakan yang terjadi di taman
MAN BANGIL
Siapa yang tidak tertarik dengan
kondisi lingkungan yang asri ,bersih,nyaman,dan di tambah lagi dengan balutan
demokrasi kesan alami.ada saja keinginan yang akan di lakukan oleh siapa saja
yang melihat pemandangan tersebut,mulai dari keinginan untuk mengabadikan
gambar via camera ,ataupun untuk melihat
pemandangan nanelok itu namun,dari tidak semua pengunjungyang datang
memperhatikan betul kondisi yang ada di lingkungannya.tak hanya dari mereka
salah satu pelaku dari kerusakan lingkungan tersebut adalah kehadiran manusia
yang sama sekali tidak mencintai alam.
Pemandangan tak lazim itu juga tampak di taman MAN BANGIL.taman yang di
bangun dengan tujuan membuat memberi kenyamanan untuk kelangsungan proses KBM
telah di salah gunakan oleh warga sekolah.baik dari tukang kebun selaku
pembersih dan perawat taman,maupun siswa – siswi yang biasannya menggunakan
sarana tersebut.
Penyumbang kerusakan taman MAN BANGIL terbesar berasal dari siswa –
siswi,kehadiran mereka di taman bukan hanya sekedar berbincang menghubungkan
wi-fi atau bahkan belajar bersama.ada kalannya mereka memanfaatkan pemandangan
di taman sebagai media untuk berselfi ria,tanpa di sadari,aksi spontanitas yang
telah mereka lakukan telah merusak sebagian kecil saranayang ada di
taman.terkadang kerumunan seperti itu terjadi tanpa memperhatikan apakah mereka
berada pada
yang aman atau bahkan membahayakan berada pada posisi yang mengancam
keberadaan taman.
Keberadaan tempat sampah yang
sulit terjangkau di beberapa titik taman membuat sebagian pengunjung taman
mengharuskan membuang sampah ke sembarang tempat. Alhasil taman yang seharusnya nyaman digunakan bagi
pengunjung menjadi kotor karena sampah bertebaran di semua tempat. Sampah –
sampah yang berasal dari dedaunan kering menambah volume sampah di
taman,tentunya sampah – sampah itu memberi pemandangan buruk bagi siapa saja
yang melintasi taman .
2.2 Faktor faktor yang mempengaruhi peminat
taman MAN BANGIL berkurang
Kenyamanan
sangat di butuhkan untuk mengkondisikan agar pembangunan infrastruktur memenuhi
standart layak pakai dan tidak mengancam bagi siapapun yang menggunakan atau
memanfaatkannya. Dalam hal ini, kenyamanan tetap di utamakan demi terwujudnya
sarana infrastruktur yang aman sesuai dengan rencana yang telah di rencanakan
tanpa harus merugikan siapapun, baik pengguna maupun lembaga yang membangun infrastruktur.
Nampaknya
kenyamanan yang menjadi indikator kebrhasilan pembangunan sarana infrastruktur
tidak nampak pada pembangunan taman MAN
BANGIL. Pasalnya, kenyamanan dapat di rasakan hanya dalam kurun waktu yang
sangat singkat. Adanya keslahan – kesalahan yang tidak nampak dari pengunjung
sangat mempengaruhi berkurangnya kenyamanan yang ada di taman MAN BANGIL. Hal
tersebut tentunya sangat merugikan bagi pihak sekolah selaku pembangun taman
dan siswa – sisiwi selaku penggunan taman. Adakalanya kesalahan – kesalahan
pemanfaatan taman Di sebabkan oleh siswa – siswi dan kurangnya perawatan dari
tukang kebun.
Kurangnya
kenyamanan merupakan faktor yang paling mempengaruhi minimnya pengunjung taman
MAN BANGIL. Hal lain yang dapat mempengaruhi adalah keadaan taman yang dinilai
kurang efektif, seperti tempat yang kotor, terbengkalai (porak poranda), dan
tidak berfungsinya beberapa sarana yang mendukung berdirinya taman MANBA.
2.3
Cara mengoptimalkan taman MAN BANGIL
1. Meningkatkan
pengolahan dan perawatan taman
2. Memaksimalkan
taman sebagai tempat belajar
3. Meningkatakan
sarana pendukung taman ( wi-fi,tempat sampah,stopkontak)
Kesimpulan
: bahwa Taman MAN BANGIL adalah suatu tempat yang di senangi oleh siswa- siswi
sekolah tersebut sebagai tempat untuk meluangkan istirahatnya dan maupun tempat
untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar di tempat semakin bertambahnya
hari taman tersebut pengunjungnya cenderung menurun di karenakan ada beberapa
faktor : kurangnya perawatan terhadap
taman,kurangnya kesadaran pengunjung taman yang tidak mementingkan kebersihan,jaringan
wi – fi yang putus putus sehingga pengunjung Taman mengalami penurunan.
Comments
Post a Comment